inilah nama-nama nabi yang pertama kali mengerjakan sholat lima waktu

Diceritakan terdapat nabi-nabi yang menjalankan sholat sebelum sholat lima waktu yang sekarang dilaksanakan oleh umat nabi s.aw. Secara berurutan inilah nama-nama nabi yang pertama kali mengerjakan sholat lima waktu itu.

 

Subuh

Manusia pertama yang mengerjakan sholat subuh ialah Nabi Adam AS Yaitu ketika Nabi adam keluar dari surga lalu diturunkan ke bumi. Hal pertama yang dilihatnya adalah kegelapan dan nabi adam merasa takut yang amat sangat,maka apabila fajar subuh telah keluar,Nabi adam AS pun bersujud dua kali.

Sujud pertama; sebagai tanda syukur karena terlepas dari kegelapan malam. Sedangkan sujud kedua, bersyukur atas datangnya siang.

 

Zuhur

Manusia pertama yang mengerjakan sholat zuhur adalah nabi Ibrahim AS yaitu tatkala Allah SWT telah memerintahkan padanya agar menyembelih anaknya Nabi ismail AS. Seruan itu datang pada waktu tergelincirnya matahari,lalu sujudlah Nabi Ibrahim sebanyak empat kali.

Sujud pertama, adalah sebagai tanda bersyukur bagi penebusan, yang kedua adalah tanda syukur atas dihilangkannya kedukaan dari dirinya dan anaknya, ketiga tanda syukur atas keridhaan Allah, dan keempat tanda syukur karena Allah menganti tebusannya.

 

Ashar

Manusia pertama yang mengerjakan shalat Ashar ialah Nabi yunus AS ketika dikeluarkan oleh Allah SWT dari perut ikan NUN. Ikan NUN telah memuntahkan Nabi yunusditepi pantai sedangkan ketika itu telah masuk waktu ashar. Maka bersyukurlah Nabi yunus lalu bersujud sebanyak empat kali karena telah diselamatkan oleh Allah SWT daripada empat kegelapan.

Sujud pertama, kegelapan akibat kesalahan meninggalkan kaumnya, kedua, kegelapan malam dalam lautan, ketiga, kegelapan malam akibat berhari-hari lamanya di dalam perut ikan Nun, dan keempat kegelapan dalam perut ikan Nun.

 

Magrib

Manusia pertama yang mengerjakan sholat magrib ialah Nabi Isa AS yaitu ketika nabi isa dikeluarkan oleh Allah SWT dari kejahilan dan kebodohan kaumnya,sedangkan waktu itu telah terbenamnya matahari. Maka Bersyukurlah Nabi isa dengan melakukan sujud tiga kali.

Sujud pertama adalah untuk menafikkan bahwa tiada tuhan selain Allah yang Maha Esa, kedua menafikkan zina yang dituduhkan atas ibunya, dan yang ketiga untuk meyakinkan kaumnya bahwa tuhan itu hanya satu dan bukan tiga.

 

Isya’

Manusia yang pertama kali mengerjakan shalat isya’ ialah Nabi Musa as. Ketika itu Nabi Musa telah tersesat mencari jalan keluar dari negeri Madyan, sedangkan dalam dadanya penuh dengan perasaan dukacita. Allah SWT menghilangkan semua perasaan duka citanya itu pada waktu isya’ yang akhir. Lalu sembahyanglah Nabi musa sebanyak empat kali sebagai tanda bersyukur.

Sujud pertama sebagai tanda duka cita terhadap istrinya, kedua sebagai tanda duka cita terhadap Fir’aun, yang ketiga tanda dukacita terhadap saudaranya Harun, dan yang keempat adalah tanda duka cita terhadap anak Fir’aun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *